Istilah Ngopi sudah tidak bisa dijauhkan dari kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat yang malah menjadi kebudayaan masyarakat Indonesia.
Berawal dari ngopi setiap pagi sebelum memulai aktivitas atau bahkan di sore hari sambil bersantai di perkarangan rumah telah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat. Tidak jarang melihat sekumpulan bapak-bapak yang berkumpul dengan ditemani kopi atau sekumpulan anak-anak remaja yang juga berkumpul dengan ditemani kopi selagi bercerita satu dengan yang lain.
Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan waktu budaya ngopi masih menjadi salah satu kebiasaaan yang dijalani oleh masyarakat Indonesia. Sesuai dengan data survei yang dilakukan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI-ACEI), estimasi kebutuhan kopi bagi masyarakat Indonesia pada tahun 2016 akan mencapai 300.000.000 kg.
Ditambah lagi dengan perkembangan jaman yang sadar akan permintaan pasar mengenai tradisi ngopi beserta nongkrong ini yang semakin besar sehingga mampu membuat para perusahaan di bidang kopi berkompetisi lebih lagi.
![]() |
Sumber: (Survei Tahun 2016 oleh OCTI) |
Sebenarnya apa sih yang paling dibutuhkan oleh para konsumen ketika sedang nongkrong ?
Apakah jenis kopi yang bervarian? atau tempat yang nyaman agar mereka dapat dengan leluasanya berkumpul dan mengobrol dengan orang-orang terdekatnya?
Atau malah sebenarnya yang mereka butuhkan adalah tempat yang bagus agar mereka dapat berfoto-foto jika dilihat dari gaya hidup ‘suka selfie’ di jaman sekarang?
Tentunya yang mereka butuhkan adalah semua elemen yang telah disebutkan tersebut.
Mereka tidak hanya membutuhkan varian kopi tetapi mereka juga memerlukan tempat yang nyaman karena kegiatan minum kopi dengan nongkrong adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Tidak hanya menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia tetapi memang telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.
Sehingga, hal-hal itu yang membuat OCTI untuk tidak hanya fokus terhadap bagian perkembangan bisnis melainkan juga bagian pelayanan yang diberikan guna memuaskan para konsumen. Kemudian dengan berbasis tagline “Our Coffee to Inspire” pun lah yang juga harus memicu kita semua untuk terus menebarkan inspirasi bagi para pecinta kopi di Indonesia.